Tips Menggunakan Toilet Umum yang Aman Bagi Ibu Hamil

By | 3 Januari 2018

Tips Menggunakan Toilet Umum yang Aman Bagi Ibu Hamil

Berbicara tentang transportasi umum rasanya tentu belum lengkap jika tidak menyebut tentang kereta. Perkembangan kereta yang pesat di tanah air mampu memfasilitasi perjalanan secara nyaman. Proses pemesanan tiket kereta online pun kian mempermudah Anda ketika ingin melakukan reservasi.

Kendati demikian, Anda juga harus teliti menggunakan fasilitas yang ada di kereta. Fasilitas toilet umum ternyata rentan menyebabkan penularan penyakit terutama bagi para ibu hamil. Namun Anda tak perlu khawatir. Ikuti saja tips-tips berikut ini agar toilet umum tetap aman dan higienis bagi Anda:

  • Hindari Toilet Umum Kereta yang Basah dan Licin

Toilet umum kereta yang basah dan licin bukan hanya menjadi sarang perkembangbiakan bakteri. Lebih dari itu, toilet tersebut juga cukup berbahaya bagi ibu hamil. Karena ibu hamil lebih rentan terpeleset saat berada di dalamnya. Sebagai alternatif, pilihlah toilet umum lain yang kondisinya lebih bersih dan kering.

  • Menyiram Toilet Sebelum Memakainya

Walaupun toilet yang akan Anda gunakan tampak bersih, sebaiknya Anda kembali menyiram toilet tersebut sebelum menggunakannya. Menyiram toilet umum berfungsi untuk membasmi kuman-kuman yang masih tertinggal di sekitat toilet. Maka Anda akan merasa lebih nyaman menggunakan toilet yang sudah disiram. Risiko terjangkit kuman dari toilet umum kotor pun dapat diminimalkan.

  • Selalu Menyiapkan Tisu Kering

Fasilitas berupa tisu kering sering kali sulit ditemukan di toilet umum, termasuk toilet kereta. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda selalu menyiapkan tisu kering yang jumlahnya mencukupi. Bawalah tisu ukuran travel pack jika ingin menggunakan toilet umum. Anda akan lebih leluasa membersihkan diri dengan tisu usai buang air kecil atau buang air besar.

  • Jangan Lupa Pula Menyiapkan Tisu Khusus Area Kewanitaan

Kadang kala ketersediaan air bersih di toilet umum kereta juga tidak memadai untuk membasuh area kewanitaan. Daripada Anda mengalami masalah kesehatan di kemudian hari, alangkah lebih baik jika Anda menyiapkan tisu khusus area kewanitaan. Penggunaan tisu khusus tersebut akan membantu membasmi kuman-kuman di sekitar area kewanitaan Anda hingga tuntas. Anda pun akan merasa nyaman dan bebas rasa gatal saat bepergian dengan kereta.

  • Memegang Benda di Toilet dengan Tisu

Anda tak pernah tahu persis tentang kebersihan benda-benda di toilet umum kereta. Sebagai langkah antisipasi, sebaiknya Anda memegang benda-benda tersebut dengan tisu, termasuk ketika akan menyiram toilet. Memegang benda-benda di toilet dengan tisu akan membantu meminimalkan kontaminasi kuman pada tubuh Anda. Sehingga Anda pun tak mudah sakit walaupun sering bepergian naik kereta dan menggunakan fasilitas toilet umumnya.

  • Mencuci Tangan Sampai Bersih Usai Menggunakan Toilet

Setelah Anda menggunakan toilet umum di kereta, jangan lupa untuk segera mencuci tangan dengan sabun. Gunakan air mengalir agar tangan Anda benar-benar bersih. Bila hal ini sulit dilakukan karena keterbatasan air bersih, Anda bisa menyiasatinya dengan cairan pembersih tangan tanpa air. Kandungan antiseptik pada produk tersebut akan membantu melenyapkan kuman pada permukaan tangan Anda secara cepat.

Kesehatan Anda dan buah hati memang harus senantiaa menjadi fokus utama, terutama ketika bepergian dalam jarak jauh. Anda harus cermat memperhatikan hal-hal kecil yang bisa mempengaruhi kesehatan. Termasuk urusan toilet umum kereta yang sering kali kotor dan sulit digunakan. Anda tak perlu ragu menggunakan toilet umum asalkan Anda cermat menjaga kebersihan diri sendiri. Sehingga Anda tak perlu repot menahan buang air kecil atau buang air besar selama berada di kereta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *